http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Thursday, October 31, 2013

Garut Kini Bukan Penyumbang TKI Terbanyak Lagi



GARUT -Jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Garut terus menurun setiap tahunnya. Penurunan angka ini disebabkan upaya Pemerintah Kabupaten Garut dalam menyalurkan para pekerja terhadap pekerjaan sektor formal di Kabupaten Garut atau daerah lainnya di Indonesia.
Staf Seksi Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Garut, Agus Firmansyah, mengatakan pada 2011 tercatat 991 TKIdiberangkatkan ke luar negeri untuk bekerja. Tahun 2012, angkanya menurun jadi 739 TKIdan pada 2013, angkanya kembali menurun menjadi 625 TKI.
"Dulu, kebanyakan disalurkan menjadi pekerja sektor informal di Timur Tengah. Sekarang kami arahkan untuk bekerja di negeri sendiri. Sedangkan yang diberangkatkan, utamanya ditempatkan di kawasan Asia Pasifik, seperti Hongkong, Jepang, Korea, dan lainnya," kata Agus kepada Tribun di kantornya, Rabu (30/10/2013).
Pengalihan tempat tujuan kerja para TKI, kata Agus, disebabkan kondisi hukum dan sosial negara Timur Tengah. Para TKIasal Indonesia, menurut agus, kerap mendapatkan perlakuan tidak baik dari warga Timur Tengah.
Selama 2013, kata Agus, terdapat empat kasus yang menimpa empat TKIasal Kabupaten Garut. Keempat TKIini ditempatkan di Arab Saudi. Mereka memiliki masalah dengan majikannya dalam hal penggajian.
Keempat masalah ini kemudian ditindaklanjuti oleh Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan perusahaan penyalur TKIyang memberangkatkan keempat TKItersebut. Secara berurutan, kasus ini terjadi pada Februari, Maret, Juni, dan Juli 2013.
"Kebanyakan TKIberasal dari Kabupaten Garut di kawasan selatan. Mereka kini terdaftar di perusahaan-perusahaan penyalur TKIyang sudah berizin dan diketahui oleh dinas kami. Mereka memiliki Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri," katanya. (sam)
By www.tribunnews.com/regional/2013/10/31/garut-kini-bukan-penyumbang-tki-terbanyak-lagi
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung