http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Wednesday, October 30, 2013

Selesaikan Sengketa Tenaga Kerja, Indonesia Belajar dari Jepang


[TOKYO] Dalam menyelesaikan masalah kenetegakerjaan di Indonesia, pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja di Indonesia perlu belajar dari Jepang.
Di Jepang untuk menyelesaikan semua permasalahan ketenagakerjaan, pemerintah Jepang melakukannya melalui lembaga konsultan ketenagakerjaan Jepang yang disebutLabor and Social Security Attorneyatau dalam bahasa JepangnyaShakai Hoken Roumushi (Sharoushi).
“Kami sudah lama dengar lembagaSharoushiini. Dan fungsinya bagus dalam menyelesaikan masalah ketenagakerjaan. Karena itu, kami bermaksud mendirikan lembaga yang seperti ini di Indonesia,” kata Sekretaris Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos), Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Iskandar Maula, dalam pertemuan dengan PresidenSharoushi,Kenzo Onishi,di kantornya, di Tokyo, Jepang, Rabu (30/10).
Iskandar mengatakan, salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah dan pengusaha Indonesia sampai saat ini adalah masalah ketenagakerjaan terutama masalah hubungan industrial seperti penentuan upah dan jaminan sosial.
“Namun, dalam masalah jaminan sosial tak lama lagi Indonesia mempunyai lembaga yang bagus yakni Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kenetegakerjaan dan Kesehatan,” kata dia.
Senada Minister Counsellor di Kedutaan Besar Indonesia untuk Jepang, Idhi Maryono, mengatakan, yang paling utama yang perlu dipejari dariSharoushiini aspek perlindungan untuk tenaga kerjanya, luar biasa. “Orang cacat di Jepang diberi pekerjaan terutama karena keberadaan lembaga ini. Oleh karena itu, sangat bagus kalau ada lembaga seperti ini di Indonesia,” kata dia.
Sementara Kenzo dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik niat dan rencana pemerintah Indonesia untuk mendirikan lembaga sepertiSharoushidi Indonesia.
“Kami akan membantu Indonesia seperti kirim konselor gratis ke Indonesia. Kami juga ingin ekonomi Indonesia maju,” kata Kenzo.
Kenzo menjelaskan, Sharoushi didirikan tahun 1968 oleh pemerintah Jepang melalui Kementerian Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Jepang (Ministry of Labor and Ministry of Health and Welfare).
Lembaga ini didirikan, kata dia, karena waktu itu terjadi unjuk rasa buruh secara besar-besaran di Jepang. Untuk menyelesaikan itu semua, kata dia, pemerintah dan pengusaha Jepang serta perwakilan pekerja di Jepang duduk satu meja untuk mendirikan sebuah lembaga konsultan yang berdiri di tengah-tengah antara pengusaha, pekerja dan pemerintah ketika terjadi masalah ketenagakerjaan antara pekerja dan pengusaha.
Dalam perkembangannya, kata Kenzo, keberadaan Sharoushi sangat membantu dan tidak mengalami kendala yang memadai. “Di Jepang jarang terjadi demo buruh atau pekerja, atau masalah ketenagakerjaan yang serius karena bisa diselesaikan melalui lembaga ini,” kata Kenzo.
Sampai saat ini, Sharoushi terdiri dari 38.000 orang anggota yang terdiri dari para pakar dari berlatar belakang ilmu seperti seperti hukum (lawyer), ekonomi, sosiologi, kesejahteraan sosial dan sebagainya. “Jadi lembaga kami melakukan pengawasan untuk enam (6) juta perusahaan di seluruh Jepang,” kata dia, seraya menambahkan, misi utama Sharoushi adalah memajukan ekonomi Jepang.
Sharoushi berkantor pusat di Tokyo, dan mempunyai kantor cabang di semua daerah Provinsi di Jepang. Keberadaan lembaga Sharoushi ini sejak berdirinya dikukuhkan oleh sebuah undang-undang, sehingga keberadaannya syah dan independen.
“Lembaga ini independen. Kalau pengusaha salah kita katakan salah, dan kalau pekerja salah kita katakan salah. Lembaga ini selalu ambil jalan tengah kalau tidak ada titik temu dua belah pihak, dan pasti dipatuhi pekerja dan pengusaha,” kata Kenzo.
Secara garis besar masalah yang selalu ditangani Sharoushi adalah masalah penentuan upah minimum, jaminan pensiun, jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, jaminan sosial dan kesehatan dan haritua untuk penyandang disabilitas (cacat). Menurut Kenzo, fungsi lain dari Sharoushi adalah memberdayakan perusahaan-perusahaan kecil di Jepang agar menjadi besar.
“Ada sebagian kecil perusahaan di Jepang yang tidak bisa membayar upah buruh sesuai ketentuan upah minimum. Agar mereka bangkit, Sharoushi memberikan pelatihan dan jalan keluar agar mereka menjadi besar,” kata Kenzo.
Dikatakan, agar Sharoushi berdiri dan menjalankan kegiatannya sehari-hari, maka semua perusahaan di Jepang mengakolasikan dananya dengan besaran tertentu untuk disalurkan ke lembaga ini. “Dan biasanya kalau ada sengketa kami menyelesaikannya, maka kami mendapat honor dari perusahaan bersangkutan,” kata dia.
Dengan adanya lembaga ini, kata dia, semua masalah ketenagakerjaan di Jepang tidak pernah diselesaikan di pengadilan. Sementara Counselor of Minister’s Secretariat, Ministri of Health, Labour and Walfare of Japan, Ryuji Satomi, mengatakan, penentuan upah minimum di Jepang dilakukan dewan pengupahan daerah provinsi, dan kalau terjadi permasalahan dalam penentuan upah ini, kata dia, maka Sharoushi maju.
“Kalau Sharoushi maju maka selesailah masalah,” kata Ryuji di kantornya, ketika ditemui tim dari Indonesia, Selasa (29/10) sore.
Dewan pengupahan provinsi, kata dia, dalam menentukan upah minimum berdasarkan tiga hal yakni, standar hidup layak di Jepang, kesepakatan antara pekerja dan pemberi kerja serta kemampuan dari pemberi kerja dalam memberikan upah kepada pekerja.
“Saat ini upah minimum di Jepang rata-rata 740 Yen Jepang per jam. Dan umumnya setiap tahun upah minimum di Jepang naik sebesar 2 persen setiap tahun,” kata dia.

Banyuwangi:Kompetensi TKI Harus Ditingkatkan


BANYUWANGI – Sosialisasi program penempatan kerja dan kuliah di luar negeri digelar di hall Mendut Sport Center, Selasa (29/10) kemarin. Narasumber yang hadir adalah Direktur PT. Perwita Nusaraya, Sri Murtiningsih, S.Pd dari Surabaya. Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Drs. Syaiful Alam Sudrajat; Ketua Kadin Banyuwangi Sugiono, serta pimpinan Lembaga Kursus Para Profesi (LKPP) se- Kabupaten Banyuwangi.
Kepala Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Syaiful Alam Sudrajat mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk menjembatani antara pihak perusahaan dengan pelatihan kerja sehingga timbul kerjasama baik di bidang pelatihan kerja, penempatan OJT( on the job training) maupun kerjasama training untuk peningkatan skill karyawan maupun untuk uji kompetensi. Perusahaan PT. Perwita Nusaraya, kata Syaiful Alam.
Salah satu perusahaan penyalur tenaga kerja Indonesia (TKI) luar negeri dan penghubung antara pencari kerja dan pengguna jasa yang telah memiliki pengalaman dalam penempatan TKI di berbagai sektor jabatan di wilayah negara Asia. “Sosialisasi ini diharapkan ada sinergi antara LKPP Banyuwangi dan PT Perwita Nusaraya, sehingga tenaga kerja yang nantinya akan dikirim ke luar negeri benar-benar memiliki skill yang baik,” jelas Alam. Sementara itu, Direktur PT. Perwita Nusaraya, Sri Murtiningsih mengatakan, pihaknya akan berupaya meningkatkan kualitas dan keterampilan kerja para calon TKI yang hendak bekerja keluar negeri.
Perusahaannya, memiliki program keterampilan yang dapat menyelaraskan pendidikan dengan dunia kerja agar TKI yang dikirim memiliki kemampuan. “Visi perusahaan kami adalah menjadikan perusahaan pelaksann penempatan TKI swasta sebagai mitra kerja pemerintah untuk menempatkan calon TKI yang berkualitas,” kata Sri Murtiningsih yang pernah mendapat penghargaan dari Gubernur Jatim berkat raihan manajemen terbaik dalam pengelolaan penempatan TKI itu. (radar)
By www.kabarbanyuwangi.info/kompetensi-tki-harus-ditingkatkan.html

'Keterlaluan, Uang Kiriman Istri yang TKW Malah Untuk Pelihara PSK'


SEMARANG --Tidak semua pekerja seks komersial di lokalisasi Gambirlangu (GBL), Kendal, Jawa Tengah, bersedia melayani ajakan kencan para tamunya. Sebagian dari mereka bersedia bercinta dengan tamu yang sudah lama dikenal, atau katakanlah "pacar". Maka, tidak heran, dari 240 penghuni GBL, 30 persen di antaranya indekos di luar lokalisasi.
Seperti yang diakui salah seorang PSK bernama Widi. Perempuan yang juga pemandu karaoke ini mengaku sudah punya "pacar", dan mengontrak di sebuah kontrakan di Kaliwungu. Ia hanya mau berhubungan intim dengan pasangan kumpul kebonya. Meskipun banyak tamu yang mengajak dan bersedia membayar mahal, namun Widi tetap menolaknya.
“Kalau hanya colak-colek saat saya jadi PK, saya tidak masalah. Tapi kalau mengajak tidur bersama, saya menolak,” aku Widi.
Widi menambahkan, dirinya sudah berpacaran dengan seorang yang diakuinya masih single itu sejak satu tahun lalu. “Tapi ada juga penghuni sini yang mau diajak tidur, lho," jelasnya.
Penghuni GBL lain, Agrik (33) juga mengaku kerap menolak tamu yang mengajaknya kencan. Sebab ia sudah mempunyai "pacar" dan sudah berkomitmen untuk tidak bercinta selain dengan sang pacar. “Kalau ingin gitu, ya sama pacar saya,” katanya.
Agrik menjelaskan, dirinya dulu memang pernah bersedia diajak bercinta oleh tamunya tarifnya sesuai kesepakatan.
Ketua Resos GBL, Asmadi menambahkan, mereka yang tidak mau melayani tamu tidur, terutama penghuni GBL yang indekos di luar. Biasanya mereka berangakt ke GBL di pagi hari dan pulang malam hari, seperti orang yang bekerja di perusahaan. Menurut Ahmadi, mereka dipelihara oleh lelaki yang menjadi "pacar"-nya itu.
“Para PSK itu, terutama yang masih muda dan cantik-cantik, ‘dirusak’ oleh orang Kendal. Sebab mereka dijadikan pacar, dan dilarang melayani tamu,” kata Asmadi.
Asmadi mengaku, lelaki yang memelihara para PSK cantik itu kebanyakan adalah suami para TKW. Mereka tidak betah setelah sekian tahun ditinggal pergi oleh istrinya bekerja ke luar negeri.
“Lelaki itu sangat keterlaluan. Sebab uang kiriman istrinya dari luar negeri, malah digunakan untuk memelihara PSK,” jelasnya.(*)
www.tribunnews.com/regional/2013/10/30/keterlaluan-uang-kiriman-istri-yang-tkw-malah-untuk-pelihara-psk
 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung