http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Friday, February 7, 2014

BNP2TKI Dekatkan Pelayanan di Kabupaten Malang


Pembentukan kantor P4TKI Malang ini merupakan upaya BNP2TKI untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya calon TKI/TKI dan keluarga TKI, sambut Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat
Malang, BNP2TKI, Kamis (6/2) - Untuk meningkatkan pelayanan kepada Calon TKI/TKI di Kabupaten Malang dan sekitarnya, BNP2TKI akan segera membentuk kantor Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) di Malang. Malang dipilih dikarenakan merupakan salah satu daerah kantong TKI.
"Keberadaan kantor P4TKI Malang ini nantinya akan dapat menjangkau pelayanan para calon TKI/TKI dan keluarga TKI dari daerah sekitarnya, seperti Kota Batu, Blitar, Lumajang serta Pasuruan. Pembentukan kantor P4TKI Malang ini merupakan upaya BNP2TKI untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya calon TKI/TKI dan keluarga TKI," kata Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat pada acara Temu CTKI dengan tema "Menjadi TKI Sebagai Pilihan Bukan Keterpaksaan" di Gedung KPRI Mekar Guna, jalan Ledokdowo 3 Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Rabu (5/2/2014) kemarin.
Sejauh ini pelayanan calon TKI/TKI di Jawa Timur, khususnya didalam mengurus penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) dilakukan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (UPT-P3TKI) Surabaya. Kondisi ini banyak dikeluhkan para calon TKI/TKI dari daerah-daerah yang jauh dari Kota Surabaya. Di wilayah Timur seperti Jember, Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo. Lalu, di Selatan seperti Malang, Blitar, Lumajang, dan Tulungagung. Kemudian di Barat seperti Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.
BNP2TKI telah merencanakan segera membentuk kantor P4TKI di tiga daerah yakni Jember, Malang, dan Madiun. Tujuan dari pembentukan kantor P4TKI di tiga daerah itu guna mendekatkan dan memudahkan pelayanan bagi para calon TKI/TKI dan anggota keluarga TKI yang ada di sekitar daerah-daerah tersebut, sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Surabaya nantinya.
Terkait penempatan TKI ke luar negeri asal Kabupaten Malang dalam catatan BNP2TKI selama tiga tahun terakhir (2011 – 2013) tercatat sebanyak 35.282 orang. Penempatan TKI asal Kabupaten Malang masuk dalam urutan ke-12 dari 25 Kabupaten/Kota terbesar di Indonesia. Pada tahun 2011 terdapat penempatan TKI sebanyak 13.407 orang, 2012 sebanyak 11.657 orang, dan 2013 sebanyak 10.218 orang.
Adapun jumlah remitansi atau uang kiriman TKI asal Malang yang bekerja di luar negeri selama 2013 yang dicatat Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern Bank Indonewia (BI) Perwakilan Malang – seperti dilansir www.antarajatim.com Minggu (2/2/2014) - mengalami penurunan dari sebesar Rp 205,489 miliar pada tahun 2012 menjadi Rp 162,562 miliar atau sekitar 20,86 persen.
UPT-P3TKI Surabaya menginfokan kepada BNP2TKI, bahwa negara tujuan kerja yang menjadi favorit TKI asal Kabupaten Malang adalah negara-negara kawasan Asia Pasifik, seperti Hong Kong masih menjadi yang paling diminati dengan persentase kira-kira 20 persen. Lalu disusul Taiwan, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi. Selain enam negara itu, juga masih terdapat sejumlah negara lain yang menjadi negara tujuan penempatan TKI, namun jumlahnya kecil.***(Imam Bukhori)
Sumber
BNP2TKI
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung