http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Friday, February 7, 2014

Kasus Perdagangan Manusia di Amerika Menjadi Perhatian Utama Kepolisian



Maraknya perdagangan manusia atau kerap disebut human trafficking selalu menjadi momok kejahatan dan menjadi trend center. Kepolisian Negara Republik Indonesia berjanji akan mengungkap kasus perdagangan manusia "human trafficking" di Amerika Serikat.
"Saya punya tim penyidik kejahatan saiber, kita semua yang akan melacak itu dan kita kejar," kata Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Pol Suhardi Alius di Jakarta, Kamis (6/2).
Suhardi mengatakan, pihaknya akan mengerahkan tim dari Direktorat Tindak Pidana dan Ekonomi Khusus (Tipideksus) untuk mengungkap kasus tersebut.
"Nanti kita ekspos (ungkap) dengan Pak Arief (Dirtipideksus) untuk hal-hal yang seperti itu, apalagi korbannya wanita. Kami bertanggung jawab secara moral," katanya.
Jenderal bintang tiga itu juga berupaya akan meminta kedutaan besar untuk bekerja sama mengungkap kasus itu.
"Nanti kan di setiap kedutaan ada unit-unit pengamanannya, seperti 'regional security officer' (RSO), sudah kita koordinasikan langkah-langkahnya," katanya.
Pernyataan tersebut, menanggapi maraknya perdagangan manusia di luar negeri yang harus diusut secara tuntas, seperti kasus yang menimpa Shandra Woworuntu.
Sebelumnya, seperti dilansir AFP, WNI Shandra Woworuntu yang menjadi korban perdagangan manusia di Amerika Serikat tergitur bekerja di Chicago setelah kehilangan pekerjaannya sebagai analis keuangan di sebuah bank karena krisis ekonomi.
Alih-alih meraih impiannya, Shandra justru ditipu karena ia dipaksa bekerja sebagai pelacur dan melayani tamu di hotel-hotel dan kasino.
Shandra akhirnya melarikan diri lewat jendela kamar mandi. Dia melapor ke polisi dan FBI, tapi mereka tak percaya. Celakanya, Shandra malah jatuh ke tangan mucikari lain.
Shandra akhirnya bisa diselamatkan setelah melapor ke organisasi Safe Horizon, lembaga yang melindungi korban perbudakan seks dan perdagangan manusia.
Sementara itu, Analis kebijakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Migrant Care Wahyu Susilo akan melaporkan kasus Shandra dalam pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York.
Selain kasus tersebut, dia akan membawa kasus Erwiana, TKI yang mendapat kekerasan di Hongkong, kasus Sihatul dan TKI yang disiksa hingga koma di Taiwan.
Sumber
RIMANEWS
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung