http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Saturday, April 5, 2014

4 Minggu Berlalu, Puing Pesawat MAS MH370 Belum Juga Ditemukan


Seorang personel militer Australia melakukan pencarian MH370 dari dalam pesawat RAAF AP-3C Orion (Reuters)
Perth- Empat minggu berlalu sejak pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 menghilang, tim pencari menghadapi misi pencarian yang paling sulit di perairan Samudera Hindia bagian selatan.
Kini, tim pencari berkejaran dengan waktu untuk mencari kotak hitam MH370 yang dalam beberapa hari lagi akan kehabisan baterai sehingga tidak lagi memancarkan sinyal untuk memberi tahu lokasinya. Berbagai peralatan canggih, termasuk alat pelacak kotak hitam milik militer AS sudah diterjunkan, seiring dimulai pencarian bawah laut pada Jumat (4/4) kemarin.
Pencarian terus dilakukan hingga hari ini dengan melibatkan 10 pesawat militer, 3 pesawat sipil dan 11 kapal laut dari berbagai negara. Armada tersebut akan menelusuri area perairan seluas 217 ribu kilometer persegi yang berjarak 1.700 kilometer barat Perth. Lokasi tersebut diyakini kuat sebagai lokasi jatuhnya MH370 yang membawa 239 orang di dalamnya.
"Jika kami belum menemukan apapun dalam waktu 6 minggu, kami akan terus melanjutkan karena ada banyak benda di dalam pesawat yang akan mengapung," ujar Purnawirawan Marsekal Udara Australia Angus Houston, yang merupakan koordinator operasi pencarian MH370, seperti dilansirReuters, Sabtu (5/4/2014).
"Pada akhirnya, saya merasa bahwa sesuatu akan ditemukan, yang akan membantu kami mempersempit area pencarian," imbuhnya.
Pencarian bawah laut dimulai dengan mengandalkan perlengkapan sonar yang mampu menangkap sinyal yang dipancarkan kotak hitam MH370 yang diduga ada di lautan dalam. Kotak hitam serta rekaman data penerbangan yang ada di dalamnya menjadi kunci utama untuk menyingkap misteri hilangnya MH370.
Namun terbatasnya masa aktif baterai pada pemancar kotak hitam yang hanya 30 hari menjadi tantangan besar. Diperkirakan baterai kotak hitam akan habis pada Senin (7/4) mendatang, sehingga setelah itu tim pencari tentu harus memikirkan cara lain yang lebih efektif untuk mencari lokasi kotak hitam yang sebenarnya.
Sementara itu, para pengamat menyebut bahwa pengerahan alat pelacak kotak hitam milik AS, Towed Pinger Locator (TPL) akan sia-sia tanpa diketahui lokasi pasti jatuhnya MH370. TPL memiliki batasan jarak serta harus ditarik dengan kapal dalam kecepatan rendah, sehingga diperkirakan tidak akan mampu 'memeriksa' area perairan yang luas dalam waktu cepat.
"Saya bahkan tidak menyebutkan area. Apa yang kita lakukan adalah melacak jalur perkiraan paling baik yang dilalui pesawat ini," ucap US Navy Captain Mark Matthews kepada Reuters.
"Ini mungkin akan memakan waktu beberapa hari untuk setiap ruas, jadi pencarian akan berjalan sedikit lambat," tuturnya. Sumber detik.com
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung