http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Tuesday, October 29, 2013

Polisi Masih Sidik Penampungan PRT


CIANJUR -Sejumlah tenaga kerja asal Kabupaten Cianjur yang diamankan Polres Tangerang di sebuah penampungan di Tangerang Selatan, masih belum bisa dipulangkan. Pasalnya tenaga kerja yang akan dijadikan pekerja rumah tangga (PRT) itu masih dalam proses penyidikan polisi.
Untuk memulangkan para tenaga kerja itu, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur terus melakukan kordinasi dengan Polres Tanggerang dan sejumlah intansi terkait. Pasalnya sebagian besar tenaga kerja asal Kabupaten Cianjur itu masih di bawah umur.
"Memang tidak bisa langsung dipulangkan karena perkara ini termasuk traficking mengingat usia mereka masih di bawah 18 tahun. Polres Tanggerang pun terus melakukan penyidikan karena korbannya banyak dan dari berbagai daerah," kata Kepala Bidang Advokasi dan Penanganan Kasus P2TP2A Kabupaten Cianjur, Lidya Indayani Umar, Senin (28/10/2013).
Sebelum terjadi penggrebekan, kata Lidya, pihaknya sudah mengetahui ada tenaga kerja asal Kabupaten Cianjur yang berusia di bawah 18 tahun. Namun sebelum melakukan peninjauan, menurut Lidya, polisi keburu melakukan penggrebekan.
"Dari jaringan kami memang ada informasi tenaga kerja asal Kabupaten Cianjur yang usianya di bawah umur ditampung di yayasan. Rencananya kami ingin memulangkan dan menjemput mereka," kata Lidya.
Dikatakan Lidya, untuk memulangkan tenaga kerja yang sudah ditampung yayasan memang harus ditembus dengan sejumlah uang. Namun adanya perkara tersebut, para orang tua tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk memulangkan anak mereka.
"Kami melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur. Karena persoalan ini berkaitan dengan ketenagakerjaan. Kalau selesai diperiksa, kami akan langsung menjemputnya," kata Lidya.
Sebelumnya diberitakan, Itoh (40), warga RT 2/2 Kampung Sukasirna, Desa Padamaju, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, resah mengenai kondisi dan keadaan anaknya yang bernama Fitriawati (16). Pasalnya Fitri yang merupakan satu dari 88 tenaga kerja wanita yang diamankan Polres Tanggerang ketika berada di tempat penampungan milik agen penyalur tenaga kerja dalam negeri, PT CKM, Jumat (18/10).
Itoh mengatakan terakhir berkomunikasi dengan Fitri pada Selasa (22/10), melalui sambungan telepon. Fitri mengaku ditempatkan di sebuah panti sosial di Tanggerang.
"Kabar terakhir sehat dan aman. Karena setelah penggrebekan Fitri selalu mengabari saya. Tapi setelah Selasa (22/10), tidak lagi. Dihubungi melalui ponselnya juga sudah tidak aktif. Saya bingung mau menghubungi siapa lagi," kata Itoh kepada Tribun, Minggu (27/10). (cis)
By www.tribunnews.com/regional/2013/10/29/polisi-masih-sidik-penampungan-prt
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung