http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Friday, January 10, 2014

Banjir Lahar Dingin Gunung Gamalama, Warga Ternate Mengungsi

TERNATE - Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan banjir lahar dingin dari puncak Gunung Gamalama menerjang sejumlah sungai di Kota Ternate, Maluku Utara, dini hari tadi. Akibatnya, warga panik dan berhamburan menyelamatkan diri.
Guyuran hujan lebat terjadi sejak Kamis sore kemarin. Selang delapan jam sungai di Kelurahan Tubo dan Dufa-dufa dibanjiri material lahar dingin Gunung Gamalama.
Ratusan warga yang tinggal di bantaran sungai pun panik dan lari keluar rumah. Mereka mengungsi di Masjid Sultan di Kelurahan Akehuda, Kota Ternate Utara. Warga mengaku trauma kejadian banjir lahar dingin beberapa tahun lalu yang menyebabkan sembilan orang hilang dan puluhan lainnya meninggal.
Hingga pukul 04.51 WIT dini hari, kepanikan warga masih terasa menyusul hujan yang belum reda. Tidak hanya warga di Kelurahan Tubo dan Dufa-dufa, Kota Ternate Utara, warga Kelurahan Salahudin, Kota Ternate Tengah, pun ikut panik karena daerah tersebut pernah menjadi sasaran banjir lahar dingin. Mereka mengungsi ke rumah saudaranya untuk menghindari jatuhnya korban.
Selain itu, tingginya curah hujan juga membuat ribuan rumah di sejumlah kelurahan di Kota Ternate Utara, seperti Kelurahan Salero, Kasturian, Siko, dan Akehuda, tergenang banjir.
“Hujan begini kami khawatir takutnya ada apa-apa seperti beberapa tahun kemarin. Semoga tidak terjadi apa-apa," kata Munawar, warga Tubo, Jumat (10/1/2014).
"Kami sebagian warga Tubo mengungsi di Masjid Akehuda, sebagian lainnya mengungsi di sanak saudaranya di Kelurahan Akehuda," tambahnya.
Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan jumlah kerusakan akibat peristiwa tersebut. Warga diminta waspada karena intensitas hujan tidak menentu.
(Syamsudin Sidik/Sindo TV) (tbn)
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung