http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Thursday, May 8, 2014

Cerita TKI Suwarni mirip Tom Hanks di film The Terminal


1.Apa Anda pernah tahu film besutan Amerika Serikat berjudul The Terminal? Film drama dan komedi yang melejit di era 2004 itu rupanya nyata terjadi baru-baru ini.
Seorang wanita yang diduga TKI bernama Suwarni mengalami kejadian serupa seperti tokoh utama dalam film itu, Viktor Navorski yang diperankan oleh Tom Hanks.
Nah, berikut beberapa cerita Suwarni mirip dengan Tom Hanks

2. Bantu bersih-bersih dan siram tanaman di bandara
Suwarni yang terjebak di Bandara Macau bersikeras tak mau dikembalikan pulang ke Indonesia. Wanita ini dianggap tak mempunyai uang yang cukup.
Menurut informasi yang dihimpun merdeka.com, Suwarni sebelumnya memang sudah pernah bekerja di Macau. Namun ketika melakukan penerbangan ke China dia harus kembali ke Macau karena tak diizinkan oleh pihak Imigrasi Bandara.
Salah seorang petugas di bandara yang enggan disebutkan namanya mengatakan jika Suwarni malah melakukan pekerjaan ringan di sana tiap harinya. Dia memilih untuk tinggal di bandara selama satu bulan dan membantu menyiram tanaman sambil menunggu kejelasan nasibnya di sana.
"Dia tidak ingin kembali ke Indonesia, jadi dia sekarang tinggal di sana dan mereka membiarkan dia melakukan beberapa pekerjaan pembersihan. Dia bahkan tidak benar-benar bekerja di sana, dia hanya menyiram bunga," katanya.
Kisah ini juga sama halnya dengan Viktor di film The Terminal. Sembilan bulan lamanya di bandara, Viktor akhirnya mulai berteman dengan staf di terminal, termasuk pramugari Amelia Warren (Catherine Zeta-Jones), sementara diawasi oleh Petugas Imigrasi Frank Dixon (Stanley Tucci), yang ingin 'kasus Navorski' secepatnya berakhir.

3. Tinggal di ruang tunggu bandara
Selama satu bulan lamanya Suwarni tertahan di bandara, rupanya Suwarni masih diberi fasilitas pas-pasan oleh pihak bandara. Dia dikabarkan tidur dan istirahat di ruang tunggu internasional.
Nasib apes Suwarni itu rupanya langsung cepat diketahui oleh Konsulat Indonesia untuk Hongkong dan Macau.
"Mereka meminta kita membantu mereka dalam menangani situasi ini. Kami akan mengirimkan petugas untuk bertemu dengannya," kata Wakil Konsulat Indonesia untuk Hongkong dan Macau, Sam Aryadi seperti dilansir dari Macau Daily Times, Rabu (7/5).
Pada film The Terminal juga demikian, Viktor si pemeran utama harus terjebak selama sembilan bulan lamanya di bandara. Selama berbulan-bulan Viktor harus berpindah-pindah tidur di beberapa bangunan Bandar Udara Internasional John F Kennedy, New York.

4. Diberi voucher makan oleh petugas dan penumpang bandara
Selama satu bulan terjebak di Bandara Macau, Suwarni rupanya tetap mendapat belas kasihan dari beberapa petugas bandara dan penumpang. Walau tak punya uang yang cukup, Suwarni masih bisa makan dan minum.
"Dia sendirian di sana. Dia dapat voucher makanan (dari penumpang dibantu beberapa petugas) di bandara. Dia bantu-bantu menyiram tanaman dan bersih-bersih di sana," kata Wakil Konsulat Indonesia untuk Hongkong dan Macau, Sam Aryadi.

5. Setelah dibujuk, akhirnya mau pulang ke Indonesia
Setelah sebulan lamanya tertahan di bandara, Suwarni akhirnya dijemput pihak Konsulat Indonesia untuk Hongkong dan Macau.
"Setelah kita mendapat laporan dari pihak Macau, pihak konsulat langsung bergerak ke Macau," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michale Tene, saat dihubungi merdeka.com, Rabu (7/5).
Setelah bertemu langsung dengan Suwarni, pihak konsulat berhasil melakukan negosiasi dan mengajaknya pulang ke Indonesia.
"Kita berikan bantuan dan yang bersangkutan akhirnya bersedia pulang ke Tanah Air hari Minggu kemarin dan diantar langsung oleh staf," tambahnya.
Tene membantah konsulat menelantarkan warga Indonesia yang ditahan di bandara dan tak boleh masuk ke kota karena dianggap tak punya uang yang cukup untuk hidup di Macau. Suwarni sejak 1 April berada di bandara, dan sebulan ini dia mengisi hari-harinya dengan membersihkan bandara.
"Awalnya kita memang tidak tahu ada kabar ini, kita baru saja dapat kabar makanya kita langsung menuju ke sana dan berikan bantuan," tandasnya.
By Cerita TKI Suwarni mirip Tom Hanks di film The Terminal
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung