http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Thursday, January 9, 2014

Baru 159 Ahli Konstruksi Indonesia yang Besertifikat Skala Asean


JAKARTA- Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Hediyanto W Husaini mengatakan Indonesia memiliki 6,9 juta tenaga kerja yang bekerja di bidang konstruksi. Sekitar 100 ribu merupakan tenaga ahli, dan 300 ribu tenaga terampil, sisanya adalah tenaga kerja biasa.
Hediyanto mengungkapkan, Indonesia sangat banyak memiliki tenaga kerja ahli dan terampil di bidang konstruksi, namun sangat disayangkan dari jumlah tersebut masih minim sekali yang telah besertifikat.
"Tenaga ahli yang telah besertifikat itu 48 ribu, kalau tenaga terampil 100 ribu," ucap Hediyanto di Kantornya, Jakarta, Kamis (9/1/2013).
Hediyanto menambahkan, perkembangan pelaku jasa konstruksi nasional, saat ini tenaga ahli yang turut serta dalam Mutual Recognition Arrangementr (MRA) hingga saat ini baru mencapai 159 orang. Hal ini masih perlu didorong partisipasinya mengingat sebentar lagi Indonesia harus bersaing dengan tenaga asing pada AEC 2015.
"Dari 159 yang besertifikat MRA, 113 itu insinyur, 46 itu arsitek," jelasnya.
Saat ini, kata Hediyanto, dirinya mengaku bahwa pemerintah tengah melakukan sosialisai kepada suluruh tenaga kerja di bidang konstrusi agar berkeinginan untuk memiliki sertifikat skala Asean atau MRA. Dirinya juga berharap agar para tenaga kerja di bidang konstruksi di Indonesia mudah menyadari bahwa MRA itu penting bagi kelangsungan kerjanya.
Tidak hanya itu, sambung Hediyanto, sertifikasi MRA ini juga dapat mempermudah bagi para tenaga kerja Indonesia di bidang konstruksi untuk bersaing di skala ASEAN. Pasalnya, sertifikat merupakan salah satu prasyarat pekerja di Indonesia bisa bekerja di luar negeri.
"Itu merupakan SIM, setifikat ini juga sebagai langkah membendung perdagangan bebas nanti, padahal Indonesia itu mampu, tapi belum terpaksa. Mungkin kalau nanti pasarnya sudah digerayangi orang lain baru mau," pungkasnya.(rez)(wdi)
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung