http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Saturday, February 15, 2014

Kelud Meletus Ternyata Sudah Diramalkan Sejak Tahun 2007



Meletusnya Gunung Kelud pada Kamis (12/2/2014) malam kemarin, ternyata sudah diprediksi pada tahun 2007 lalu oleh beberapa orang, baik yang mengaku dapat bisikan gaib maupun dari orang - orang yang melihat tanda - tanda alam di sekitar kawasan Gunung Kelud.
Pusat Vulkanologi dan Migigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status 'Siaga' Gunung Kelud sejak 2007 lalu. Penetapan status 'Siaga' itu tidak hanya berdasarkan hasil pemantauan Tim Vulkanologi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tetapi juga juga informasi dari para warga yang tinggal di sekitar Gunung Kelud yang menyaksikan perilaku aneh hewan - hewan penghuni hutan Gunung Kelud.
Ada juga cerita beberapa warga yang mengaku jauh-jauh hari memeperoleh pertanda mistis maupun gejala alam yang mengarah pada tanda-tanda Gunung Kelud akan segera meletus. Tanda-tanda mistis tersebut antara lain sudah turunnya hewan liar yang selama ini hidup di lereng Gunung Kelud. Hewan-hewan liar itu diantaranya kera, rusa maupun babi hutan.
"Sejak akhir pekan kemarin hewan-hewan itu sudah tampak banyak yang turun gunung. Itu saya ketahui saat mencari rumput," kata Dedi Kharisma (18), warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar sebagaimana di muat det iksurabaya.com, pada hampir tujuh tahun lalu (1/10/2007).
Pengakuan lain juga diungkapkan oleh Slamet (47). Dia bahkan mengaku sudah mengetahui hewan liar turun gunung sejak hari Kamis (4/10/2007) yang lalu, atau tepatnya sejak pertama kalinya frekuensi kegempaan vulkanik di Gunung Kelud meningkat.
Warga yang hidup di lereng Gunung Kelud selama ini percaya, jika hewan liar yang hidup di atas gunung sudah bersedia turun, maka Gunung Kelud sudah dipastikan akan segera meletus.
"Sepertinya tinggal tunggu hari saja. Pada tahun 1990 silam hal itu juga terjadi, salah satu hewan liar yang bersedia turun adalah ular piton sebesar pohon kelapa," kata Basuki (50), warga Desa Sugihwaras lainnya yang telah 2 kali merasakan dampak letusan Gunung Kelud. Sedangkana pertanda mistis lain yang tampak dari kemungkinan Gunung Kelud akan segera meletus diungkapkan oleh Suyoto (48), pada Oktober 2007 lalu.
Dia mengaku jika saudaranya yang tinggal di Blitar, mendapatkan bisikan gaib dari anggota keluarganya yang hilang di danau kawah. "Itu arwah adik saya, dia sudah hilang sejak puluhan tahun lalu dan tak kembali. Beberapa saat lalu paman saya didatangi dengan wujud yang sama. Dia bilang Gunung Kelud akan selamatan, makanya warga diminta yang berhati-hati," cerita Suyoto. Pada letusan tahun 1990 silam, keluarga arwah Suyoto yang hilang itu pulang ke rumah, dan waktu itu bilang, Gunung Kelud akan melakukan pesta pernikahan.
"Dan tidak berapa lama, letusan terjadi," ungkapnya. Sipon (68), salah satu sesepuh Desa sugihwaras menyebutkan, segala tanda-tanda mistis itulah yang selama ini justru dipercaya sebagian besar warga di desanya, dan itu sudah menjadi semacam budaya yang turun temurun. "Buktinya pada letusan tahun 1990, segala pertanda mistis juga terbukti kebenarannya," kata Sipon.
Kapan meleutusnya sebuah gunung merapi memang mustahil diprediksi dengan tepat, apalagi jika memprediksi hari dan tanggal meletusnya. Namun, sebelum meletusnya sebuah gunung merapi, pasti diawali atau didahului fenomena alam seperti migrasi hewan - hewan penghuni lereng gunung, meningkatnya emisi air dan uap belerang, terbangnya burung - burung yang sebelumnya bersarang di lereng atau puncak gunung, munculnya retakan tanah sporadis tapi terlihat banyak di sekitar lereng gunung dan seterusnya.
Sumber
ASATUNEWS
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung