http://infobmi.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Sunday, March 2, 2014

Demi Cari Untung, Agen TKI di Arab Saudi Sebar Gosip


RIYADH- Kementerian Tenaga Kerja Republik Arab Saudi menuduh beberapa agen perekrut tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, menyebarkan informasi ada negosiasi baru dengan Pemerintah Indonesia terkait TKI.
Para agen tersebut kemudian menambah isu bahwa negosiasi saat ini sudah terhenti dan mencapai kegagalan. Atas alasan tersebut, pihak agen meningkatkan biaya rekrutmen bagi calon TKI dari Indonesia.
Menurut kabar, setiap TKI dimintai uang mulai dari 8.000 riyal atau sekira Rp24,6 juta hingga 21 ribu riyal atau sekira Rp64,8 juta (Rp3.087 per riyal). Wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ahmed Al-Fuhaid mengatakan, kenaikan ini benar-benar mencengangkan.
"Tidak ada ambiguitas mengenai perjanjian kerja sama rekrutmen tenaga kerja dengan Indonesia. Pihak kami pun tidak melakukan negosiasi ulang apapun," ujar Al-Fuhaid, seperti dikutipArab News, Sabtu (1/3/2014).
Pihak Arab Saudi dengan Indonesia sebelumnya sudah menyepakati kerja sama untuk membentuk komite bersama tentang TKI. Komite ini nantinya akan bertugas untuk merampungkan mekanisme proses rekrutmen dan kontrak.
Komite tersebut dijadwalkan akan bertemu di Riyadh pada Maret 2014 dan di Jakarta pada April 2014. Sementara proses rekrutmen pun baru akan dimulai setelah April.
"Biaya rekrutmen akan turun setelah perjanjian tersebut ditandatangani. Para agen ini seperti ingin mencari keuntungan sendiri," tegasnya.
"Warga (calon majikan) akan melakukan negosiasi mengenai gaji dengan para pekerja secara langsung. Bila pekerja memiliki kemampuan lebih, maka dia akan mendapatkan gaji lebih besar," jelasnya.
Sementara Wakil Menteri Pelayanan dan Hubungan Kerja di Kemlu Arab Saudi Ziyad Al-Sayegh menambahkan, pihaknya sudah meminta para agen untuk menyediakan calon majikan dengan pelayanan terbaik. Bila mereka melanggar peraturan, maka akan hukuman bagi para agen. (faj)
Sumber http://m.okezone.com/read/2014/03/01/411/948448/demi-cari-untung-agen-tki-di-arab-saudi-sebar-gosip
Comments
0 Comments

No comments:

 

Tag

IP

My-Yahoo

Blogger Widget Get This Widget

Histast

Total Pengunjung