
Proses amnesti di Arab Saudi bagi tenaga kerja Indonesia overstay (TKIO) akan ditutup pada 3 November 2013 mendatang. Artinya, kurang dari satu bulan ini TKIO harus merampungkan tetek bengek proses amnesti. Ada keraguan di sini, apakah proses amnesti ini berhasil? Pasalnya masih ada ribuan pekerja migran overstay yang sedang mengurus amnesti namun urung selesai karena prosesnya yang lama. Ninik Andriani selaku relawan sekaligus Tim Pengawas Amnesti memberikan beberapa poin catatan dalam penanganan amnesti di Saudi Arabia : 1. Pencarian data lama oleh KJRI Jeddah/ KBRI Riyadh hanya efektif tiga minggu. Memasuki bulan Oktober konsentrasi staf KJRI dan KBRI terpecah ke urusan haji. 2. Data lama yang diberikan kepada TKIO dalam bentuk copy data paspor tidak begitu membantu TKIO karena dalam proses amnesti imigrasi tetap meminta paspor lama yang asli. Akibatnya TKIO terhenti langkahnya dan tidak bisa melanjutkan proses. 3. Syarat pembuat surat perjalanan laksana paspor (SPLP) yang berat karena print out data lama yang sangat sulit didapatkan. 4. Lokasi proses dokumen amnesti berada di Jeddah dan Riyad, KBRI dan KJRI belum membuka layanan proses di setiap kota yang terdapat imigrasi Saudi. Setelah tim relawan permana tea berhasil melobi imigrasi Madina dan meminta dispensasi bagi TKIO untuk proses di Madina sudah berhasil meloloskan ratusan SPLP exit permit. Tetapi kemudian proses menjadi sulit saat datang gelombang TKIO dari Jedaah yang dipimpin oleh relawan-relawan lain dam para calo yang mengakibatkan suasana tidak tertib lalu imigrasi menutup layanan lebih awal. Solusi : KJRI&KBRI merekomendasikan kepada seluruh TKIO untuk proses ke semua imigrasi dikota kota lain selain Jeddah dan Riyad. Staf KJRI dan KBRI mendampingi di setiap imigrasi sehingga proses bisa cepat. Penambahan posko proses SPLP disetiap kota (di luar Jedaah) sehingga tidak terkonsentrasi di Jeddah. 5. Support KJRI di lokasi pemerintahan Saudi. Penempatan staf KJRI dilapangan sangat berkurang dan layanan tidak memuaskan. Staf sering meninggalkan imigrasi Jeddah tanpa alasan padahal baru melayani 1-2 jam saja. Sedangkan pihak imigrasi tidak bersedia memproses dokumen tanpa pendamping staf KJRI. 6. Minimalisir biaya. Terlalu banyak biaya yang harus dikeluarkan TKIO dalam proses amnesti ini baik pungutan resmi atau pun liar. 7. Pemulangan massal. TKIO sudah mengalami banyak kerugian dalam mengurus dokumen amnesti dan uang sudah mulai menipis. Banyak juga yang dikeluarkan dari pekerjaan karena sering mondar-mandiri mengrusu amnesti. Solusi : Sediakan transportasi massal seperti kapal laut untuk TKIO yg tidak memiliki uang lagi. KJRI Jedaah &KBRI Riyadh juga bisa melobi beberapa maskapai penerbangan untuk mendapatkan tiket penerbangan ekonomi bagi TKIO yang masih memiliki simpanan uang. 8. Komitmen pemerintah. Sejauh ini tidak ada komitmen pemerintah yang terealisasi denga baik bahkan terkesan lambat. Lobi pemerintah RI kepada Saudi untuk pempermudah proses exit belum berhasil. Pemerintah juga terlalu banyak mengeluarkan janji sehingga memperkeruh suasana. Solusi: gunakan elemen masyarakat dan aktivis untuk membantu penyebaran informasi dari KJRI dan KBRI sehingga mampu meminimalisir isu negatif yang tersebar di lapangan yang bermaksud memanfaatkan TKIO. 9. Pemberantasan calo, karena sulitnya syarat-syarat proses amnesti banyak TKIO memilih menggunakan jasa calo dan akhirnya calo menjamur dan tidak terkendali lagi sehingga mempersulit keadaan. 10. Jangan ada daur ulang TKIO yang dilakukan oleh non pemerintah. Banyak agen-agen di Saudi yg menawarkan lowongan kerja tapi ujung-ujungnya TKI ditipu mentah-mentah. Biaya pembuatan permit yang sangat mahal, apabila TKIO membatalkan untuk bekerja maka TKIO harus mengganti ganti rugi proses dengan biaya yang mahal. Selain itu sepuluh catatan di atas, ada catatan yang menjadi perhatian Ninik bahwa selama proses amnesti banyak TKI yang jatuh sakit karena daya tahan tubuh yang tak mampu lagi mengikuti proses amnesti yang ruwet. Ada juga beberapa TKI yang masuk dalam penjara karena laporan fitnah majikan lama dan laporan tersebut keluar pada saat TKIO melakukan sidik jari. Banyak TKIO yang berhenti bekerja untuk mengurus amnesti, namun kenyataannya prosesnya panjang dan mengakibatkan kehabisan uang. Banyak TKIO yang diusir dari kontrakan karena pemilik kontrakan takut terkena denda. Banyak juga majikan yang mem-PHK TKIO karena takur ancaman hukuman pemerintah Arab Saudi.

.jpg)

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara menjadi salah satu akomodasi penting yang dimiliki suatu negara. Ia ibarat gerbang masuk udara yang menghubungkan dengan dunia luar, antarpulau, antarbenua. Baru-baru ini Airports Council International (ACI), organisasi nonprofit dunia yang membidangi bandara, merilis 50 bandara tersibuk di dunia. Perhitungan urutan bandara berdasarkan lalu lintas penumpang, meliputi banyaknya penumpang yang lepas landas dari bandara, mendarat, dan transit. Dikutip dari aviationbusinessme.com, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang ada di Cengkareng, Indonesia, masuk dalam daftar sebagai 10 bandara tersibuk di dunia. Bandara ini menempati urutan kesepuluh dengan jumlah lalu lintas penumpang sebanyak lebih dari 29 juta orang. Berikut daftar bandara tersibuk di dunia menurut Airports Council International. Hartsfield Jackson Atlanta International Airport, Amerika Serikat Meski mengalami penurunan lalu lintas penumpang sebesar 0,8 persen dari tahun sebelumnya, Hartsfield Jackson International Airport di Atlanta, Amerika Serikat, menempati urutan pertama bandara paling sibuk di dunia. Pada semester pertama tahun 2013, lalu lintas penumpang tercatat sebanyak 46.603.274 orang. Beijing Capital International Airport, China Urutan kedua bandara tersibuk di dunia ditempati oleh Beijing Capital International Airport di China. Tercatat lalu lintas penumpang sebanyak 40.793.384 pada semester pertama tahun 2013 dengan pertumbuhan 3,6 persen per tahun. London Heathrow Airport, Inggris London Heathrow Airport menjadi bandara tersibuk ketiga di dunia. Sebanyak 34.414.926 lalu lintas penumpang terjadi di dalam bandara hingga pertengahan tahun 2013, meningkat 2,4 persen dari tahun sebelumnya. Dubai International Airport, Uni Emirat Arab Kepadatan bandara di Dubai melonjak dari urutan kesepuluh pada pertengahan tahun lalu menjadi urutan keempat. Bandara mencatatkan kepadatan lalu lintas sebanyak 32.662.103 penumpang pada semester pertama tahun 2013, meningkat sebanyak 16,9 persen. Los Angeles International Airport, Amerika Serikat Los Angeles International Airport di Los Angeles menempati posisi kelima bandara tersibuk di dunia. Pertumbuhan lalu lintas bandara per tahun sebesar 4,3 persen. Pada pertengahan tahun 2013 lalu lintas penumpang tercatat 32.278.507 orang. Haneda Airport, Jepang Posisi keenam bandara tersibuk di dunia adalah Haneda International Airport di Tokyo dengan lalu lintas penumpang sebanyak 32.013.671 orang. Hal ini mengalami peningkatan 1,8 persen dari tahun sebelumnya. O'Hare International Airport, Amerika Serikat O'Hare International Airport di Chicago menjadi bandara tersibuk di dunia ketujuh. Tercatat sebanyak 31.935.556 lalu lintas penumpang terjadi di awal 2013. Meningkat 2,8 persen dari tahun sebelumnya. Fort Worth International Airport, Amerika Serikat Pada paruh pertama 2013, tercatat 29.808.199 lalu lintas penumpang di Bandara Internasional Fort Worth di Dallas. Hal ini menjadikan bandara tersebut sebagai bandara tersibuk di dunia kedelapan dengan pertumbuhan 3,8 persen per tahun. Charles de Gaulle Airport, Perancis Meski mengalami penurunan sebanyak 0,5 persen lalu lintas penumpang dari tahun lalu, Bandara Charles de Gaulle Airport (CDG Airport) di Paris masih menempati posisi kesembilan sebagai bandara tersibuk di dunia. Hingga pertengahan tahun 2013, bandara mencatatkan lalu lintas penumpang sebanyak 29.528.275 orang. Soekarno-Hatta, Indonesia Pada semester pertama tahun 2013, lalu lintas penumpang Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng sebanyak 29.325.201 orang. Hal demikian, mencatatkan pertumbuhan sebanyak 4,1 persen dari tahun sebelumnya. Penulis: Fitri Prawitasari Editor: Wisnubrata

Kemarin ada kasus 7 WNI ditembak mati Polisi Malaysia gara-gara terlibat aksi kejahatan, yakni perampokan. Tulisan ini tidak mengulas tentang cerita WNI yang ditembak mati polisi negeri Jiran itu, melainkan hanya mengingatkan kita tentang asal usul dan sejarah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.*






.jpg)


